TWO HANDS ONE II

Gue selalu bareng-bareng kalo sama Siska, tapi beberapa hari terakhir gue ninggalin dia,

bukannya ninggalin terus mati dan gak kembali lagi loh ya! Maksud gue, saat ini gue lagi sibuk sama organisasi. Yaa biasalah, gak tau sih kenapa gue masuk organisasi di SMA, padahal pas di SMP gue berasa najis banget sama yang namanya organisasi. Gue sibuk karena akan ada event yang baru buat organisasi ini. Kita akan ikut berpartisipasi dalam “Lomba Adventure Remaja dan Realisasi Alam”. Lomba ini diikuti oleh seluruh Sekolah Menengah, dan termasuk sekolah gue. Berhari-hari gue membuat rancangan buat itu semua, biar kami menang, dari organisasi mewakilkan 15 orang termasuk gue ketuanya. Pokoknya gue usaha maksimal karena besok Rabu udah hari H. Gak perlu kan ya gue sebutin satu-satu temen gue siapa aja yang ikut lomba itu?.

Yaudahlah.. yang penting do’anya aja biar sukses pas pelaksanaan.
Hari ini gue pulang dianterin sama Siska, sampai dirumah gue langsung jatuhin tubuh yang lelah lunglai ini ke kasur. Pokoknya gak seseneng biasanya,padahal hari ini udah sama Siska, badan gue terasa ringan banget, kaki gak kerasa kalo lagi napak, kepala gue nyut-nyutan gak karuan. Gue nglanjutin rutinitas gue yaitu ngayal, ngelamun, sama ngandai-andai.

Seragam yang lusuh gak gue peduliin, gue cuma baru nglepas dasi dan itu pun masih ada digenggaman tangan kiri gue. Atap penuh debu dan sarang laba-laba terlihat jelas di mata. Sesekali suara bunga pohon jati yang jatuh menimbulkan suara gemletik di atas sana. Andai atap itu bisa gue buka dan.. dan langit akan menyapaku saat ini. Ahh.. perasaan apa ini, rasa ini baru muncul beberapa hari ini, gue gak begitu memperdulikannya, iya.. gue gak cukup waktu buat ini semua. Iya..? gak cukup waktu kan? Apa.. Apa gue terlalu sibuk dengan sekolah gue? Apa gue stress? Atau malah gue gila?.

Sedikit flasback aja, sekarang gue udah gak nakal kayak dulu. semenjak disini gue udah berubah ke arah yang lebih baik, gue pengen Ayah sama Mama lihat ini semua. Udah hampir empat bulan juga gue gak ketemu sama Ayah.. Mama.. Tata kangen banget sama kalian. Lihat deh Tata sekarang udah beda, udah mandiri gak nakal lagi, gak suka main-main lagi Yah.. Ma..

……..

“Yah… masih inget gak? Pas aku daftarin ke SKANERYO tanpa sepengatuhan Ayah? Terus Ayah ngomelin aku, marahin aku, pokoknya nyuruh sama maksa aku buat sekolah sama simbah. Terus inget gak yah..? Pas kita sampai di sekolah kampung itu, pas aku teriak kalo sekolah itu gudang, terus Ayah nyela aku gak boleh ngomong gitu? Inget gak?. Terus waktu aku mau pulang sekolah yah.. aku di parkiran sendirian loh, sebenernya aku seneng yah, karena Tata udah boleh bawa motor sendiri, tapi disaat itu juga…(..hukkhukkk…)….Tata lihat temen-temen pada di jemput sama Ayah mereka. Dulu Ayah gitu kan sama aku waktu SMP? Ayah selalu bawain es krim, permen, minuman? Inget gak yah?.

Dulu kita juga pernah kehujanan bareng, di trotoar jalan nungguin hujan reda terus Ayah tetep bertahan buat nglindungin Tata dari air hujan.(…hukkhukk..).. Pas udah reda ..(..duhh kok Tata berair matanya..)..Pas udah reda malah ada mobil yang lewat ngebut, terus kita kecipratan, saat itu aku nangis soalnya seragam aku kotor, es krimnya juga kotor. Terus Tata minta dibeliin lagi deh.. Kan emang kesukaan Tata, kalo dingin-dingin makan es krim.

Pokoknya cuman Ayah deh yang ngerti aku.. Yah.. Ayah.. sekarang Tata udah besar, udah gede gak kayak anak kecil lagi yah.. Tata udah SMA, udah aktif di organisasi sama Tata juga udah ngeharumin nama sekolah Tata. Andai Ayah tau..”

“……….”

“Ayah kok gak jawab? Ayah dengerin aku cerita kan yah? Tata seneng banget udah bisa jadi kayak gini, aku kangen sama Ayah.. aku pengen banget…(…hukkhukk……)….. Tata pengen banget yah dianterin sama Ayah lagi, banyak temen….(..hukk…)…ahh maaf yah malah jadi basah mata Tata..(…hukkmm…hmmm..)….Iya yah Tata punya banyak temen yang nganterin Tata, tapi kadang aku bayangin itu semua kalo aku lagi sama Ayah.

Waktu itu aku pernah ngalamin kehujanan juga sama temen aku, pokoknya jadi keinget sama Ayah, selama empat bulan ini aku belum makan es krim. Tata selalu nungguin di parkiran, berharap Ayah manggil aku dari depan gerbang terus bawain es krim. Tapi, tapi.. empat bulan ini Ayah gak mau ngomong sama Tata..? AAAA….AAA!!!!!!!!”

“………”

“Ta….?”
“Ta.. Tata sadar.. Tata..?!”
“….hukkhukk….”
“Tata… bangun ono opo to..?!”
“Emb…bah..?”
“Loh Tata nangis..? Napa?”
“..(..hukkhukk..)… Gak.. pa.. pa Mbah kelili…….”
“Kenapa..?”
“Mbaaaaaahhhhhh..!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Kapan Ayah kesini nengok Tata?! Tata kangen..(…hukkhukk..)..?!”
“….”
“Tata udah lama disini Mbah, tapi Ayah gak kesini kenapa gak nanyain Tata…(..)..?”
“Tata tidur lagi aja ya..? embah temenin..”

……………………….continued

Tinggalkan komentar